Sabtu, 04 Februari 2012

Serba Ter- (terbesar, terpanjang, termahal, tertua, dll...) Part 1

1. Buku Terkecil Di Dunia

Buku terkecil di dunia adalah buku berjudul "Teeny Ted from Turnip Town", yang dibuat tahun 2007. Buku ini berukuran 0.07 mm x 0.10 mm, yang terdiri dari mikrotablet. Dibuat oleh Nano Imaging Laboratory di Universitas Simons Fraser, Kanada.

2. Sepatu Tertua

Sepatu tertua ditemukan di sebuah gua di Amenia, Turki. Usia Sepatu itu diperkirakan sekitar 5500 tahun atau kisaran 3500 SM. Sepatu ini berusia 1000 tahun lebih tua dari Piramida Agung Giza di Mesir. Sepatu ini terbuat dari salah satu bagian kulit sapi. Sepatu ini konon memiliki tali dan dibentuk agar sesuai dengan bentuk kaki si pemakai. Panjangnya 24.5 Cm dan lebarnya 7.6 Cm.

3. Perangko Termahal

Perangko termahal di dunia adalah "The Three-Skilling Yellow".  Uniknya perangko ini adalah perangko salah cetak yang diterbitkan pemerintah Swedia pada tahun 1855. Perangko ini sangat langka dan hanya satu-satunya tersisa, tahun 1984 perangko ini di jual dengan harga 977.500 Franc (mata uang Swedia) oleh David Feldman.  Tahun 1990 kembali terjual US $2.3 juta atau sekitar Rp. 21.85 miliar. Setiap kali terjual, perangko ini selalu mencetak rekor perangko termahal di dunia.

4. Kursi Termahal

"The Lockheed Chaise LOunge" adalah kursi termahal didunia. Kursi ini di hargai US  $1.6-2.4 juta atau sekitar 14-22 miliar rupiah. Kursi ini di desain oleh MarcNewson. Kursi ini berbahan aluminium dan serat kaca yang menawarkan kenyamanan yang luar biasa bagi penggunanya.

5. Lampu Tertua

Lampu tertua di dunia ini bernama "The Centennial Light". Lampu ini telah menyala selama 109 tahun. Lampu ini terpasang di kantor Pemdam Kebakaran Fire Station 6, di Livermore, California Utara. Lampu ini di desain oleh Shelby Electric Company.

6. Seruling Tertua

Arkeolog asal jerman dari Universitas Tuebingen, Nicholas Conrad beserta timnya berhasil menemukan seruling berusia 35.000 tahun. Mereka menemukan ini dalam bentuk serpihan-serpihan kecil. Seruling ini memiliki panjang 22 Cm dengan lima lubang penuh dan ukiran-ukiran di ujungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar